Cerita Seram di Istana Negara

Translate

Taukah Anda Indonesia memiliki 6 Istana Presiden yang tersebar dipulau Jawa dan Bali antara lain Istana Merdeka di Jakarta, Istana Bogor, Istana Cipanas, dan Istana Tampak Siring di Bali. Istana kepresidenan itu digunakan sebagai tempat resmi kediaman Presiden. Juga sebagai tempat presiden menggerakkan roda pemerintahan atau menjadi tempat peristirahatan tamu-tamu negara. Namun ternyata, ada juga yang menyimpan cerita-cerita unik maupun kisah-kisah mistis, lalu seperti apa keanehan-keanehan yang terdapat di istana kepresiden Republik Indonesia tersebut???

Cerita Seram di Istana Negara

Istana Merdeka

Istana merdeka merupakan tempat resmi kediaman dan kantor Presiden Indonesia yang terletak satu kompleks dengan Istana Negara dan Bina Graha. Istana terletak dijalan Merdeka Selatan Jakarta. Istana dengan luas sekitar 2400 meter persegi ini dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jendral JW Barlends Bert pada tahun 1873. Tercatat setelah presiden Pertama Indonesia Soekarno barulah Presiden ke 4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang memilih tinggal di istana. Kini Istana Merdeka ditinggali oleh Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo atau yang akrab disapa jokowi. Yang menarik ternyata Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo bukan hanya tinggal, tetapi tidur dibekas ranjang Presiden Soekarno. diketahui selama ini tidak ada Presiden yang berani tidur diranjang kamar sang Proklamator itu, bahkan putri dari Bung Karno Megawati Sukarno Putri sekalipun.

Cerita Seram di Istana Negara

Menurut Ahok Gubernur DKI Jakarta, Presiden Jokowi termasuk salah satu Presiden yang berani menempati kamar Bung Karno meski banyak yang informasi tentang bangunan tersebut yang penuh dengan cerita mistis, Jokowi mengaku tidak merasa terganggu oleh cerita-cerita itu. Ia malah merasa nyaman sebab ia juga pernah tinggal di gedung tua saat ia menjabat sebagai Walikota Solo.


Pohon Ki Hujan

Pada Rabu 22 Oktober 2014 Presiden Joko Widodo mengelar jumpa pers perdana sejak dilantik pada 20 Oktober lalu dihalaman Istana Kepresidenan. Ada yang menarik dalam jumpa pers tersebut lokasi yang dipilih sebagai tempat jumpa pers juga tak biasa yakni dibawah pohon Ki Hujan nama sebuah pohon jenis trembesi besar yang ditanam dibelakang Istana Merdeka. Pohon besar bernama latin Samanea Saman itu berada persis di tengah-tengah halaman istana, di antara Istana Merdeka dan Istana Negara. Pohon Ki Hujan ini seperti menjadi saksi bisu atas segala yang terjadi di kompleks kepresidenan itu, diantaranya saat SBY pernah menerima penyerang kesebelasan nasional Perancis Zinedine Zidane.

Cerita Seram di Istana Negara

Menariknya Ki Hujan ini ternyata sudah berusia 144 tahun sejak ditanam pada 1870 yang artinya 3 tahun sebelum Istana Merdeka dibangun oleh Arsitek Rosales. Meski ditopang oleh sejumlah tiang pohong ini masih terlihat gagah yang menariknya lagi pohon ini sempat diterjang angin puting beliung yang terjadi dikawasan Istana pada 5 Januari 2012 silam. Banyak pohon bertumbangan namun anehnya Ki Hujan tetap kokoh berdiri hanya dedaunannya saja yang rontok dan ranting–ranting kecil yang berjatuhan.

Misteri Pecahnya Meja Marmer

Sebagai pusat kegiatan pemerintahan negara saat ini Istana Negara menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara yang bersifat kenegaraan antara lain pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara hingga jamuan kenegaraan. Namun ternyata ada sebuah kisah dibalik salah satu acara pelantikan resmi di Istana negara tersebut, tepatnya saat pengangkatan Albert Hasibuan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk bidang Hak Asasi Manusia pada awal tahun 2012 lalu oleh Presiden |Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Usai pelantikan meja marmer yang dipakai sebagai tempat penandatanganan tiba-tiba pecah dan hancur berkeping-keping seperti habis dipukul dengan benda keras.

Cerita Seram di Istana Negara

Peristiwa itu terjadi ketika pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres hendak memindahkan meja marmer setebal 2 cm tersebut. Walau sempat terkejut acara pelantikan tak terganggu sama sekali, diketahui alas marmer tersebut terlepas dari meja kerangkanya. Namun ternyata ada juga yang mengaitkannya dengan hal-hal metafisika yang konon pecahannya meja tersebut merupakan teguran dari si penuggu meja marmer tulisan presiden kala itu.

Mahluk Astral "Penganggu" Keluarga Gus Dur

Demi penghematan uang negara dahulu Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memutuskan tinggal di istana merdeka, meski demikian bukan berarti keluarga Gus Dur betah, mereka mengaku banyak diganggu mahkluk halus di istana peninggalan zaman kolonial itu. Putri Gus Dur, Yeni Wahid Pernah mengaku di akun twitternya bahwa istana yang ia tinggali sangat tidak nyaman dan seram suasananya. Bahkan sang adik Inayah Wahid sering diganggu oleh makhluk halus. Kejadian menyeramkan tidak hanya dialami keluarga Gus Dur, Sejumlah pegawai istana juga kerap mengalaminya. Bahkan sangking takutnya untuk membersihkan lantai 4 dan 5 di wisma negara saja tidak ada yang berani, karena takut dengan penunggu disana yang tidak kasat mata.

Menurut ajudan Gus Dur saat itu yaitu Munik Muda Muhammad, Presiden Indonesia ke lima itu tidak menggunakan cara-cara mistik untuk mengusir keangkeran istana, melainkan dengan cara yang logis. Gus Dur membuka Istana Merdeka bagi masyarakat. Sehingga di era Gus Dur Istana Merdeka ramai dan tidak angker lagi.

Patung Perunggu Di Istana Bogor

Istana Bogor merupakan salah satu dari 6 Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan dan faunanya namun dibalik dari keunikannya itu ternyata ada kisah misteri yang beredar dikalangan masyarakat tentang salah satu patung yang ada di istana yang dibangun pada tahun 1744 itu. Konon beredar kisah tentang seorang peserta penataran yang berkunjung ke Istana Bogor dan melakukan hal usil ke salah satu patung perunggu berwujud wanita tanpa busana, dengan sengaja ia meletakkan bulu–bulu wol rontokan dari karpet dibagian terlarang tersebut, esok hari ia terkejut karena bulu-bulu serupa ada dikantong celananya dan ketika makan ia pun tersedak tanpa sebab namun yang keluar dari tenggorokanya adalah bulu-bulu karpet tersebut.

Cerita Seram di Istana Negara

Kabarnya almarhummah mantan ibu negara Artini Sukarno pun sempat mengiyakan bahwa di istana bogor terdapat makhluk astral penunggunya. Konon ia pernah melihat seorang tamu yang tak kasat mata saat memasuki ruangan presiden di istana tersebut.

Kamar Mistis Di Istana Tampak Siring

Istana Kepresidenan yang berada di Bali yakni Istana Tampak Siring adalah satu satunya istana kepresidenan Republik Indonesia yang dibangun setelah Indonesia merdeka. karena ke 5 istana lainnya yakni Istana Negara, Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, serta Istana Gedung Agung Yogjakarta dibangun semasa zaman kolonialisme Belanda. Istana Tampak Siring biasanya digunakan oleh Presiden untuk beristirahat melakukan rapat kerja serta melakukan perundingan luar negeri.

Cerita Seram di Istana Negara

Istana Tampak Siring diprakarsai oleh Soekarno dan mulai dibangun pada tahun 1957 hingga tahun 1963. Di Istana tersebut terdapat sebuah kamar yang dulu sempat dihuni Soekarno, konon menurut warga setempat kabar tersebut hingga kini tidak di huni dan sengaja dikosongkan karena ada kekuatan mistis yang meliput ruangan tersebut sementara Presiden Indonesia yang datang berkunjung ke istana itu menempati bangunan lain yang tak jauh dari bangunan yang ditempati Soekarno.


Istana Yogyakarta (Istana Gedung Agung)

Istana Gedung Agung merupakan salah satu dari enam istana kepresidenan Repulik Indonesia istana ini terletak dipusat kota Jogjakarta tepatnya diujung jalan Malioboro. Gedung yang dibangun oleh seorang arsitek A.A.J. Payen ini telah menjadi saksi sejarah ketika Bung Karno berkantor disana saat Jogjakarta menjadi  ibu kota baru Republik Indonesia. Karena merupakan bangunan tua banyak rumor beredar mengenai kisah mistis dibalik bangunan bergaya Eropa itu, kabarnya di istana tersebut sempat terjadi ganguan-gangguan makhluk gaib.

Cerita Seram di Istana Negara

Maka dari itu seorang paranormal pernah dimintai tolong oleh Paspampres menurutnya hal yang dianggap mengganggu tersebut berasal dari kekuatan Kitab Stambul yang sering berpindah-pindah secara misterius di sekitar istana. Kabarnya di istana gedung agung yang bernama Loji Kebon itu kerap terdengar suara prajurit baris berbaris walau tak ada yang sedang melakukan baris berbaris.

This Is The Newest Post
This Is The Newest Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *